Jaringan dasar

 1. apa itu jaringan menurut pendapatmu

menurut saya jaringan Adalah sebuah protokol yang berguna untuk semua orang dia dapat melakukan komunikasi secara jarak jauh bahkan sekarang dapat melakukan sharing file antar komputer dan untuk jaman sekarang ini banyak yang menggunakan internet untuk kebutuhan sehari hari tanpa jaringan tersebut maka hal-hal seperti internet ataupun komunikasi tidak dapat di lakukan.

2. type jaringan menurut pendapatmu (lan, man, wan, internet)

-LAN
(Local Area Network)/bisa di sebut dengan LAN, LAN adalah internet dengan jangkauan mencangkup area Lokal Jaringan satu ini dimanfaatkan untuk menghubungkan dua komputer atau lebih, Baik secara langsung ataupun dengan menggunakan media perantara.

-MAN
(Metropolitan Area Network)/Bisa Di sebut dengan MAN, MAN adalah internet dengan jangkauan yang mencangkup  area yang lebih luas dan menggunakan teknologi yang lebih canggih dari LAN. Jaringan MAN merupakan gabungan beberapa jaringan LAN yang mana jangkauannya hingga 10 sd 50 km. Jaringan ini di manfaatkan untuk membangun jaringan antar perkantoran dan instansi, Biasanya MAN dipakai untuk menghubungkan beberapa lokasi seperti perkantoran, kampus, pemerintahan, dan sebagainya.

-WAN
(Wide Area Network)/Bisa disebut dengan WAN, WAN merupakan Internet dengan jangkauan lebih Luas Dari Pada Jaringan MAN dan Jaringan LAN Jaringan WAN Memiliki Jangkauan 1 negara bahkan Benua. Jaringan ini merupakan gabungan dari LAN dan MAN yang wilayahnya dipisahkan secara geografis.WAN mempunyai kecepatan transmisi mulai dari 2 Mbps, 34 Mbps, 45 Mbps, 155 Mbps, 625 Mbps atau bahkan lebih.

-INTERNET
Internet adalah sebuah jaringan yang menghubungkan perangkat seperti handphone dan komputer ke seluruh dunia semua orang pasti terbantu karna ada internet hal ini disebabkan karna orang orang di dunia dapat berbagi informasi dan berkomunikasi.internet untuk zaman sekarang berperang sangat penting karna hal hal tersebut.

3. elemen jaringan (devices, media, pesan, rules (tcp/ip) menurut pendapatmu)

A.Device
-Hardwere
hardwere di elemen jaringan merupakan Tulang punggung jaringan apa pun adalah perangkat keras yang menjalankannya. Perangkat keras jaringan mencakup kartu jaringan, router atau sakelar jaringan, modem dan repeater Ethernet. Tanpa perangkat keras ini, komputer tidak dapat mengakses jaringan.

-Softwere
Agar perangkat keras dapat berinteraksi dengan jaringan, perlu perangkat lunak untuk mengeluarkan perintah. Bentuk utama dari perangkat lunak jaringan adalah protokol – perangkat lunak yang menginstruksikan perangkat jaringan tentang cara menghubungkan ke jaringan dan bagaimana berinteraksi satu sama lain.

B.Media
Media di Element jaringan Di gunakan untuk menghubungkan node-node jaringan bervariasi dengan tipe jaringan. Jaringan kabel akan sering menggunakan kabel jaringan seperti kabel Ethernet Kategori 5, sementara jaringan nirkabel membuat koneksi langsung antara perangkat yang menggunakan sinyal radio sebagai media.

C.Pesan

Adalah Isi/ Konten yang akan mengirim ke dalam jaringan internet untuk mendapatkan sebuah informasi yang di cari oleh pengguna internet tersebut

C.Rules
Yang dimaksud dengan rules yaitu aturan yang ada pada suatu jaringan agar suatu alatdapat berkomunikasi satu sama lain dengan alat yang lainnya, rules dalam jaringan komputeradalah Protocol seperti TCP/IP, ICMP, FTP.

4. bagaimana jaringan dapat berkomunikasi (tambahkan ilustrasi gambar)

jaringan dapat berkomunikasi dengan cara perangkat semisal handphone ataupun laptop harus terhubung dengan internet ataupun jaringan yang dapat menghubungi orang luar di era sekarang kalian dapat berkomunikasi dengan menggunakan aplikasi aplikasi yang ada di handphone atau laptop kalian
untuk berkomunikasi di laptop dapat di lakukan secara wirelless atau menggunakan kabel utp di handphone kalian cukup melakukan komunikasi dengan cara wirelles saja
berikut contoh ilustrasi nya.

5. port dan protocol yang digunakan pada jaringan

-Port 20 & 21 (FTP)
-Port 22 (SSH)
-Port 23 (TELNET)
-Port 25 (SMTP)
-Port 53 (DNS)
-Port 443 (HTTPS)
-Port 143 (IMAP)
-Port 8080 & 3128 (Proxy)
-Port 67 & 68 (DHCP)
-Port 80 (HTTP/ Web Server)
-Physical Port
-Serial port

6. tools yang biasanya digunakan untuk test koneksi (Ping, Traceroute, arp) --> dilabkan

tools yang digunakan untuk trace ping dan arp kita hanya perlu satu aplikasi yaitu commandprompt

1.harus terkoneksi jaringan wifi/ LAN



2.buka aplikasi command prompt

3.selanjutnya kalian cek ipnya


4.selanjutnya coba kalian trace ipnya
5.berikutnya kita ping ipnya

6.coba arp ipnya

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jaringan dasar "

Posting Komentar